Rabu, 11 November 2015

Tahapan Perkembangan Perilaku dan Pribadi Peserta Didik

Tahapan Perkembangan Perilaku dan Pribadi Peserta Didik

Ketika peserta didik mulai memasuki usia sekolah, sebagaimana aspek lainnya, perilaku dan kepribadian mereka juga berkembang seiring berjalannya waktu. Secara garis besar masa usia sekolah dasar (SD) merupakan masa kanak-kanak akhir. Masa kanak-kanak akhir ini berlangsung sejak umur 6 – 11 atau 12 tahun. Sejak dalam kehidupan mereka dimulai masuk sekolah, maka terbentuklah sejarah baru dalam kehidupan mereka yang juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan perilaku dan pribadi mereka. Secara langsung maupun tidak langsung maka masa-masa bersekolah ini akan mengubah perilaku dan pribadinya.

Suryobroto menyebutkan bahwa masa anak mulai bersekolah disebut sebagai masa keserasian bersekolah (1990:119). Suryobroto sendiri tidak mengatakan berada pada kisaran umur berapa tepatnya anak matang untuk masuk sekolah dasar (SD). Ada ciri khas pada anak yang sedang berada dalam masa keserasian bersekolah ini, yaitu secara relatif mereka lebih mudah dididik daripada masa sebelum dan sesudahnya.

Masa keserasian bersekolah dapat dibagi menjadi dua fase, yaitu masa kelas rendah Sekolah Dasar dan masa kelas yang lebih tinggi (Kelas Tinggi).

peserta didik baik di tingkat sekolah dasar maupun sekolah menengah memiliki perkembangan yang berbeda dalam tahapan-tahapannya, misalnya saja perkembangan itu dapat dilihat dari aspek perilaku dan pribadi mereka
setiap tahapan perkembangan perilaku peserta didik memiliki ci khasnya sendiri-sendiri

Masa Sekolah Rendah (6-8 Tahun)

Peserta didik yang berada pada fase kelas rendah memiliki berbagai sifat-sifat yang amat khas sehingga dapat dibedakan dari fase selanjutnya. Adapun ciri-ciri fase peserta didik yang berada pada masa keserasian bersekolah kelas rendah SD adalah sebagai berikut:
Teruskan Membaca »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar