Jumat, 13 November 2015

Dapatkah Kita Membedakan Kecerdasan Peserta Didik Berdasarkan Ciri-Cirinya?

Dapatkah Kita Membedakan Kecerdasan Peserta Didik Berdasarkan Ciri-Cirinya?

Ketika seorang guru berada di dalam kelas dan memfasilitasi peserta didik yang ada untuk belajar, maka semestinyalah ia mampu menyesuaikan pembelajaran yang diberikan dengan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh setiap peserta didiknya tersebut. Menurut Howard Gardner, yang mengajukan teori kecerdasan majemuk (multiple intelligences), setiap peserta didik memiliki jenis kecerdasan yang berbeda-beda. Setiap jenis kecerdasan yang berbeda ini menimbulkan berbagai implikasi dalam pembelajaran. Lalu pertanyaannya, dapatkah seorang guru membedakan kecerdasan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya?

tulisan ini menjelaskan bagaimana seorang guru akan dapat membedakan kecerdasan peserta didik berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik peserta didik tersebut
bagaimana membedakan kecerdasan peserta didik?
Ya, jawabannya adalah DAPAT. Guru dapat membedakan jenis-jenis kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik. Caranya adalah dengan memperhatikan ciri-ciri yang masing-masing peserta didik miliki. Howard Gardner (1993) mengajukan teori yang sangat terkenal yang disebut multiple intelligences (kecerdasan majemuk). Gardner merumuskan 8 jenis kecerdasan yang mungkin dimiliki oleg seorang peserta didik. Kedelapan kecerdasan majemuk yang dimaksud adalah: (1) kecerdasan matematika-logika; (2) kecerdasan bahasa; (3) kecerdasan musikal; (4) kecerdasan visual-spasial; (5) kecerdasan kinestetik; (6) kecerdasan interpresonal; (7) kecerdasan intrapersonal; dan (8) kecerdasan natural.

Setiap peserta didik dapat saja memiliki banyak jenis kecerdasan, akan tetapi pada umumnya mereka mempunyai bagian kecerdasan tertentu yang lebih menonjol dibanding kecerdasan lainnya. Perilaku dan kesukaan mereka, atau bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya akan dapat memberikan petunjuk untuk membedakan jenis kecerdasan yang dominan mereka miliki.

8 Jenis Kecerdasan Menurut Howard Gardner

Kecerdasan Matematika - Logika

Para peserta didik yang memiliki kecerdasan matematika - logika yang tinggi akan terlihat senang ketika diajak mempelajari hubungan sebab akibat, menganalisis, berpikir konseptual seperti menyusun hipotesis, mengklasifikasikan. Hal yang paling menyolok adalah mereka menyukai pelajaran dengan angka-angka seperti pola angka, berhitung, hingga menyelesaikan masalah matematika. Mereka mampu dengan cepat berpikir secara induktif dan deduktif serta berlogika. Permainan yang mereka sukai misalnya catur atau teka-teki yang membutuhkan aktivitas berpikir yang banyak.
Teruskan Membaca »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar