Minggu, 25 Oktober 2015

Kriteria Modifikasi dan Inovasi Alat Peraga Prkatikum yang Baik

Pada pembelajaran IPA (kimia, fisika, biologi, atau IPA terpadu) di sekolah hampir selalu dilakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis praktikum dan penggunaan alat peraga. Ketika alat peraga praktikum tidak tersedia di sekolah, atau rusak, atau karena alasan lainnya, maka sebaiknya guru melakukan suatu inovasi. Guru dapat melakukan inovasi dengan menciptakan model, alat pengganti, alat sederhana buatan sendiri, atau alat peraga lainnya yang. Atau paling tidak melakukan modifikasi terhadap alat peraga.

Beberapa Kriteria Alat Peraga Praktikum yang Baik

Lalu bagaimanakah kualitas suatu alat peraga praktikum hasil inovasi atau modifikasi guru dapat dikatakan mempunyai kualitas yang baik? Ada beberapa kriteria yang dapat diperhatikan untuk menilai seberapa bagus sebuah inovasi alat peraga praktikum, yaitu:

1. Kemudahan Cara/Teknologi

Suatu alat peraga praktikum dapat dikatakan memiliki kualitas yang baik apabila padanya terdapat kemudahan baik cara ataupun teknologi dibandingkan dengan alat peraga sejenisnya, atau alat peraga praktikum sebelumnya yang kemudian dimodifikasi oleh guru.

2. Efisiensi

Alat peraga praktikum hasil modifikasi atau inovasi murni ciptaan guru dikatakan berkualitas apabila memiliki tingkat efisiensi yang baik bila ditinjau dari aspek-aspek seperti waktu pembuatannya, biaya yang diperlukan untuk membuatnya, dan sebagainya.

3.Estetika

Ketika suatu alat peraga praktikum yang dimodifikasi guru atau dibuat dan diciptakan oleh guru secara orisinil dikatakan memiliki mutu yang baik, maka alat peraga praktikum tersebut harus memiliki kenyamanan saat dipakai dan tentu aspek keindahan (enak dipandang mata).
Teruskan Membaca »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar