Aspek-Aspek Penting Model Problem Based Learning (PBL) untuk Guru
Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang Mengenal Model Pembelajaran Problem Based Learning (Model PBL). Seperti kita telah ketahui bersama pada artikel tersebut, bahwa model pembelajaran problem based learning adalah model pembelajaran dengan pendekatan yang berpusat pada siswa (student centered approach), di mana siswa belajar bersama di dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 6 hingga 10 orang, untuk memecahkan suatu masalah tertentu yang menjadi fokus belajar kelompok. Selain itu, telah disebutkan juga bahwa pada model PBL ini guru berperan sebagai fasilitator yang mensupport kegiatan pembelajaran siswanya, dan bukan sebagai pemberi materi. Ada prinsip konstruktivisme yang harus dipegang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan mengimplementasikan model pembelajaran PBL ini.Baca juga:
Proses Kognitif Selama Pembelajaran dengan Model PBL
Teruskan Membaca »
Tidak ada komentar:
Posting Komentar