Dapatkah Kita Membedakan Kecerdasan Peserta Didik Berdasarkan Ciri-Cirinya?
Ketika seorang guru berada di dalam kelas dan memfasilitasi peserta didik yang ada untuk belajar, maka semestinyalah ia mampu menyesuaikan pembelajaran yang diberikan dengan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh setiap peserta didiknya tersebut. Menurut Howard Gardner, yang mengajukan teori kecerdasan majemuk (multiple intelligences), setiap peserta didik memiliki jenis kecerdasan yang berbeda-beda. Setiap jenis kecerdasan yang berbeda ini menimbulkan berbagai implikasi dalam pembelajaran. Lalu pertanyaannya, dapatkah seorang guru membedakan kecerdasan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya?bagaimana membedakan kecerdasan peserta didik? |
Setiap peserta didik dapat saja memiliki banyak jenis kecerdasan, akan tetapi pada umumnya mereka mempunyai bagian kecerdasan tertentu yang lebih menonjol dibanding kecerdasan lainnya. Perilaku dan kesukaan mereka, atau bagaimana mereka berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya akan dapat memberikan petunjuk untuk membedakan jenis kecerdasan yang dominan mereka miliki.
8 Jenis Kecerdasan Menurut Howard Gardner
Kecerdasan Matematika - Logika
Para peserta didik yang memiliki kecerdasan matematika - logika yang tinggi akan terlihat senang ketika diajak mempelajari hubungan sebab akibat, menganalisis, berpikir konseptual seperti menyusun hipotesis, mengklasifikasikan. Hal yang paling menyolok adalah mereka menyukai pelajaran dengan angka-angka seperti pola angka, berhitung, hingga menyelesaikan masalah matematika. Mereka mampu dengan cepat berpikir secara induktif dan deduktif serta berlogika. Permainan yang mereka sukai misalnya catur atau teka-teki yang membutuhkan aktivitas berpikir yang banyak.Teruskan Membaca »
Tidak ada komentar:
Posting Komentar