Selasa, 19 Januari 2016

Suasana Kelas dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek

Ketika model pembelajaran berbasis proyek sedang dilaksanakan dalam sebuah kelas secara berkelanjutan dan dapat termanajemen dengan baik, maka akan ada banyak hal positif yang tergambar dari suasana kelasnya. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana suasana kelas dengan pelaksanaan model pembelajaran yang berhasil itu.

Secara umum, suasana kelas dengan implementasi PjBL (Project Based Learning) atau model pembelajaran berbasis proyek yang baik akan menunjukkan adanya suasana berikut:
percakapan antara sesama siswa-siswa atau dengan guru adalah pembicaraan atau percakapan yang bersifat akademis. Ketika percakapan terjadi antar anggota kelas, hampir tidak ada pembicaraan di luar topik pembelajaran. Suasana kelas tergambar dari pembicaraan-pembicaraan dan percakapan yang terjadi baik secara jelas maupun samar-samar (karena mereka hanya saling berbisik dengan siswa lain disebelahnya). Mereka membicarakan proyek yang sedang dikerjakan atau hal-hal lain terkait proyek tersebut.

suasana kelas (iklim kelas) dengan model pembelajaran berbasis proyek berbeda dengan suasana kelas lainnya
bagaimana suasana kelas yang melaksanakan PjBL yang sukses?

Adanya Rasa Percaya, Tanggungjawab, dan Rasa Saling Menghormati

Suasana kelas dengan model pembelajaran berbasis proyek yang berhasil ditunjukkan oleh adanya rasa percaya kepada siswa atau anggota kelas atau kelompok, apakah dalam hal penyelesaian tugas, informasi yang diberikan, atau hal-hal lain. Selain itu terlihat bahwa setiap siswa menunjukkan adanya rasa tanggungjawab dalam penyelesaian tugas-tugas pembelajaran melalui proyek yang sedang dikerjakan. Mereka juga akan tumbuh rasa hormat-menghormati satu sama lain, bahwa setiap orang dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi pertambahan pengetahuan dan keterampilan anggota kelas dan kelompok. Hal ini sangat dimungkinkan karena bisa saja setiap siswa memiliki tugas yang dikerjakan sesuai dengan minat mereka masing-masing sehingga mereka memiliki pendalaman pengetahuan dan keterampilan yang lebih untuk itu. Ini tentunya akan memberikan sesuatu yang sangat berharga di dalam kelompok dan kelasnya sehingga ia akan mendapatkan respek dari teman-teman dan guru.

Teruskan Membaca »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar