Rabu, 20 Januari 2016

Membangun Teamwork Siswa dan Pentingnya Menilai Proses dan Produk

Apakah dalam pembelajaran bapak dan ibu guru, teamwork (kerja tim) dianggap sebagai bagian yang penting? Jika memang demikian, maka untuk melakukan penilaiannya pun harus memperhatikan hal-hal yang penting dan berpengaruh, sehingga penilaian yang dilakukan tidak hanya berfungsi sebagai evaluasi tetapi juga berfungsi sebagai teknik yang berfungsi untuk meningkatkan kerja tim (teamwork) siswa bersama berjalannya waktu.

Masalah yang Muncul Karena Penilaian Team Work

Ada beragam masalah yang dapat muncul ketika penilaian teamwork tidak direncanakan dan dijalankan dengan baik. Misalnya saja, siswa yang termasuk siswa yang aktif dan penuh ide dalam teamwork dapat merasa dirugikan oleh anggota kelompoknya yang kurang aktif dan hanya diam tanpa banyak memberikan andil untuk pekerjaan kelompoknya. Sementara itu, siswa yang malas dan kurang dapat menunjukkan ide-idenya dalam kelompok akan mendapatkan keuntungan dari penilaian yang demikian. Ini akan jadi sebuah efek negatif dari pembelajaran yang menggunakan kelompok-kelompok dalam setting pembelajarannya. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini?

bagaimana cara terbaik untuk membangun team work siswa, ternyata kita juga dapat menggunakan teknik penilaian yang melibatkan proses dan produk untuk memberikan kontribusi
membangun team work siswa melalui evaluasi pembelajaran

Melakukan Penilaian Proses dan Produk

Salah satu prinsip penting agar penilaian teamwork atau kerja kelompok menjadi lebih baik, guru harus melakukan penilaian proses dan produk (kedua-duanya, tanpa mengesampingkan salah satunya). Penilaian proses adalah penilaian yang dilakukan tentang bagaimana siswa bekerja di dalam kelompoknya, sementara penilaian produk adalah penilaian yang dilakukan tentang bagaimana produk atau hasil pekerjaan kelompok yang telah mereka buat.
Teruskan Membaca »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar