Kamis, 16 April 2015

Jalan-Jalan Yuk Ke Museum Rokok di Surabaya

Jika anda sedang bingung mencari tempat berkunjung di Surabaya, pastikan anda mampir ke House of Sampoerna. Letaknya di Surabaya Utara, dekat dengan hotel Ibis Rajawali. House of Sampoerna adalah museum milik Sampoerna, untuk masuk ke museum ini pastikan anda berumur di atas 18tahun. Tentu saja ada pembatasan umur karena tempat ini adalah museum rokok. Tenang saja, meskipun tempat ini bertajuk museum rokok, namun tetap anda tidak boleh merokok di dalam ruangan.

Bangunan ini terdiri dari 5 bangunan terpisah. Bangunan utamanya yang dijadikan museum terletak di tengah. Di sebelah kanan konon katanya merupakan rumah pendiri Sampoerna. Ada mobil antik terparkir di sana. Anda hanya diperbolehkan berfoto di depan mobil tanpa boleh melewati pagar pembatas. Di sebelah kiri museum adalah kafe yang bernama “a cafe”. Sementara di lorong samping a cafe adalah lorong menuju ruang lukisan. Di sana tergantung lukisan beberapa pemandangan wisata di Indonesia.

Anda tidak perlu membeli tiket untuk masuk ke dalam museum ataupun menjajah ruangan yang ada. Bahkan jika anda sedang beruntung, anda bisa berkeliling Surabaya menggunakan bis Surabaya Heritage Track. Jadwal keberangkatan bisnya, pukul 13.00 dan 15.00 wib. Tetapi ada baiknya anda reservasi dulu atau secepatnya mendaftar ketika museum baru buka. Hal ini terkait dengan keterbatasan tempat.

Di ruang bagian depan museum terdapat meja kerja dan foto pendiri Sampoerna. Ada juga berbagai bungkus rokok yang dikeluarkan Sampoerna dari sejak mereka awal berdiri hingga sekarang, baik yang diterbitkan di Indonesia maupun di luar negeri. Jangan kaget jika mendengar suara drumband di museum ini, karena di bagian belakang ada layar sentuh yang menampilkan backsound suara drumband dan di sisi kanannya ada peralatan drumband lengkap beserta seragamnya. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih mengenai Sampoerna, ada pemandu yang siap untuk menemani anda keliling museum.





Tangga menuju lantai 2 dihiasi poster-poster konser yang pernah disponsori Sampoerna. Jika anda ingin membeli berbagai merchandise House of Sampoerna, di lantai 2 ini tempatnya. Di bagian agak belakang terdapat kaca besar yang di bawahnya terdapat seperti mesin-mesin tempat buruh rokok bekerja. Oiya, anda dilarang mengambil gambar apapun yang ada di kaca besar ini. Jika anda terlanjur mengambil gambar, maka akan diminta menghapus gambar yang terlanjur anda ambil oleh petugas yang menjaga merchandise.









Museum buka pukul 09.00 wib pagi. Selamat menikmati wisata museum Surabaya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar