Rabu, 26 November 2014

Arca Ganesha peninggalan Majapahit




Sebuah arca yang diduga peninggalan kerajaan majapahit ditemukan warga Nganjuk, hari ini. Arca ganesha atau berbentuk gajah tersebut dipercaya warga mempunyai kekuatan ghaib atau keramat. Penemuan arca tersebut disekitar punden atau tempat keramat.
Untuk memastikan keaslian arca tersebut,pihak dinas pariwisata nganjuk menunggu penelitian dari pihak Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto.
Arca jenis ganesha yang berbentuk gajah duduk ini ditemukan oleh warga Dusun Dukuh, Desa Suko, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, dengan tinggi 32 cm, tebal 21 cm dan lebar 28 cm itu nampak masih utuh.
Tidak ada bagian arca yang hilang, namun dibagain kepala arca ada bekas goresan akibat terkena benturan benda tumpul. Meskipun begitu tidak mengurangi bentuk arca keseluruhan.
Penemuan arca bermula dari warga yang sedang melakukan kerja bakti untuk membenahi pipa saluran air di pekarangan rumahnya yang juga berdekatan dengan punden atau tempat yang dikeramatkan.
Menurut Dimin, warga yang menemukan arca, mengatakan saat menggali tanah itulah, alat penggali yang digunakannya membentur benda karas. Karena curiga,LANJUTAKAN BACA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar