Jumat, 29 Januari 2016

Menjadikan Siswa Penanya yang Handal

Ketika banyak siswa bertanya dalam sesi pembelajaran bapak dan ibu guru, tentunya sangat menyenangkan. Ini adalah salah satu pertanda bahwa bahwa pembelajaran berlangsung dengan proses yang baik. Pertanyaan yang dilontarkan siswa dapat menunjukkan bagaimana pemahaman mereka akan materi pembelajaran yang sedang dipelajari, bagaimana siswa berpikir dan mengeksplorasi materi tersebut, dan sebagainya. Tetapi pada kenyataannya tidak mudah menerapkan teori-teori untuk membuat siswa menjadi penanya yang handal. Bagaimana menjadikan siswa mempunyai kebiasaan bertanya sangatlah penting, karena ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka di kehidupan nyata.

bagaimana caranya agar menjadikan siswa di kelas bapak dan ibu guru sebagai penanya yang handal, terbiasa bertanya dan mempunyai pertanyaan-pertanyaan yang berkualitas?
bertanya...bertanya....bertanya

Strategi atau Cara yang Dapat Dilakukan oleh Guru sehingga Siswa Terampil Bertanya

Beberapa strategi dapat diterapkan oleh guru untuk membuat siswa menjadi penanya yang handal dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Berikut di antaranya:
  • Memberikan rasa aman
  • Menunjukkan bahwa bertanya itu keren
  • Menunjukkan bahwa bertanya itu menyenangkan
  • Memberikan perghargaan untuk sebuah pertanyaan
  • Menjadikannya sebagai kebiasaan
 Selanjutnya marilah kita bahas satu per satu strategi-strategi atau cara-cara di atas.

Memberikan Rasa Aman Ketika Bertanya

Kultur atau budaya di beberapa sekolah memang perlu diperbaiki. Masih ada pembelajaran dan kelas-kelas yang belum memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan. Budaya mencibir karena siswa yang mengajukan pertanyaan, apalagi pertanyaan itu terdengar simpel dan mudah untuk dijawab membuat siswa lain beranggapan bahwa si penanya bodoh. Kebiasaan dan budaya tidak baik ini membuat siswa yang ingin bertanya cenderung mengurungkan niatnya. Mereka lebih memendam rasa ingin tahunya daripada dicap sebagai siswa bodoh dan tidak mengerti. Tidak mudah mengubah kultur seperti ini karena diperlukan pembiasaan dan waktu yang cukup lama. Guru harus menegaskan bahwa bertanya itu tidak berarti bodoh. Guru juga harus menanggapi dengan baik semua pertanyaan siswa, sesimpel apapun isi pertanyaannya. Ini membantu untuk membentuk iklim yang aman dan nyaman bagi semua siswa untuk bertanya.

Teruskan Membaca »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar