bertanya...bertanya....bertanya |
Strategi atau Cara yang Dapat Dilakukan oleh Guru sehingga Siswa Terampil Bertanya
Beberapa strategi dapat diterapkan oleh guru untuk membuat siswa menjadi penanya yang handal dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Berikut di antaranya:- Memberikan rasa aman
- Menunjukkan bahwa bertanya itu keren
- Menunjukkan bahwa bertanya itu menyenangkan
- Memberikan perghargaan untuk sebuah pertanyaan
- Menjadikannya sebagai kebiasaan
Memberikan Rasa Aman Ketika Bertanya
Kultur atau budaya di beberapa sekolah memang perlu diperbaiki. Masih ada pembelajaran dan kelas-kelas yang belum memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan. Budaya mencibir karena siswa yang mengajukan pertanyaan, apalagi pertanyaan itu terdengar simpel dan mudah untuk dijawab membuat siswa lain beranggapan bahwa si penanya bodoh. Kebiasaan dan budaya tidak baik ini membuat siswa yang ingin bertanya cenderung mengurungkan niatnya. Mereka lebih memendam rasa ingin tahunya daripada dicap sebagai siswa bodoh dan tidak mengerti. Tidak mudah mengubah kultur seperti ini karena diperlukan pembiasaan dan waktu yang cukup lama. Guru harus menegaskan bahwa bertanya itu tidak berarti bodoh. Guru juga harus menanggapi dengan baik semua pertanyaan siswa, sesimpel apapun isi pertanyaannya. Ini membantu untuk membentuk iklim yang aman dan nyaman bagi semua siswa untuk bertanya.Teruskan Membaca »
Tidak ada komentar:
Posting Komentar